Konsulasikan Masalah Jerawat Anda dengan Dokter Lewat SehatQ.Com

 


Jerawat (acne) yang muncul pada permukaan kulit manusia merupakan salah satu hal yang normal terjadi. Dan hampir sebagian besar orang pernah mengalami munculnya jerawat di kulit wajahnya. Penyebab dari jerawat sendiri umumnya adalah karena adanya produksi minyak berlebih yang menyebabkan penyumbatan pori pori kulit. Dan terkadang minyak berlebih ini juga terinfeksi bakteri.


Secara umum jerawat sendiri relatif tidak berbahaya akan tetapi pada beberapa kasus bisa saja jerawat berubah menjadi sesuatu yang membahayakan hanya karena salah penanganan.


Salah penanganan dalam mengatasi masalah jerawat ini misalnya karena jerawat secara sembarangan dipencet agar kempes. Beberapa efek negatif bisa timbul akibat sembarangan memencet jerawat. Misalnya saja adalah timbulnya infeksi, muka menjadi bopeng bopeng, rasa sakit serta timbulnya jaringan parut.


Karena adanya sejumlah akibat buruk yang bisa terjadi ketika kita memencet jerawat secara sembarangan sebaiknya kita menghindari melakukan hal tersebut. Kita perlu menggunakan cara menghilangkan jerawat yang tepat dan tidak berbahaya. Cara pengobatan ini bisa menggunakan cara tradisional maupun menggunakan obat obatan aik obat bebas maupun menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter.


Untuk bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat umumnya adalah bahan bahan yang dipercaya bisa mengatasi bakteri yang ada. Salah satu contohnya adalah tea tree oil yang dipercaya bisa berfungsi sebagai antiseptik. Untuk jenis bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat kita bisa membacanya di berbagai artikel kesehatan yang ada di internet. Namun pastikan artikel kesehatan ini berasal dari sumber yang terpercaya.Meski demikian penggunaan bahan bahan alami ini masih banyak yang belum teruji secara medis baik dari segi kegunaan maupun efek sampingnya.


Yang selanjutnya jika kita menggunakan obat bebas yang dijual di sekitar kita maka kita perlu memperhatikan komposisi dari bahan tersebut dan pastikan obat jerawat ini sudah mengantongi izin dari BPOM. Biasanya obat bebas anti jerawat ini mengandung asam salisilat, asam glikolat, benzoil peroksida, atau sulfur. Umumnya obat ini bisa kita temukan dalam bentuk lotion, krim maupun gel. Pastikan juga sebelum kita menggunakan obat bebas ini kita tidak memiliki alergi terhadap bahan dari obat tersebut. Dan kalau bisa menghindari obat bebas yang mengandung alkohol dan aseton. Karena selain kurang efektif dalam menghilangkan jerawat juga bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi.


Cara paling aman tentunya dengan menggunakan obat obatan jerawat yang diresepkan oleh dokter. Biasanya obat dari dokter untuk mengatasi jerawat ini berupa obat antibiotik yang berfungsi untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat. Selain itu obat ini biasanya juga berfungsi untuk mengurangi peradangan karena adanya jerawat. Ada juga obat jerawat yang menggunakan retinoid. 


Untuk menggunakan obat dari dokter ini tentu saja anda terlebih dahulu harus berkonsultasi dengan dokter. Memang sih untuk konsultasi dengan dokter terkadang memakan banyak waktu untuk antri. Akan tetapi untungnya saat ini sudah cukup banyak web ataupun aplikasi yang membantu dan mempermudah kita dalam melakukan konsultasi dengan dokter tentang masalah kesehatan kita termasuk juga masalah jerawat. Salah satu contohnya adalah SehatQ.Com. Melalui fitur booking dokter yang ada di sehatq kita bisa membuat janji untuk berkonsultasi dengan dokter yang sesuai dengan spesialisasinya masing masing. Misal untuk masalah jerawat ini kita bisa membuat janji untuk berkonsultasi dengan dokter kulit yang ada di sehatq. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas Mengenai Penggunaan Shared Hosting yang Tepat

PT NCS Jasa Pengiriman Barang dan dokumen Untuk Online Shop